BERKUNJUNG KE WISATA ALAM BUKIT BATU BANAMA TANGKILING

Palangkaraya menyimpan banyak sekali keindahan alam yang belum banyak yang tahu, dengan berbagi pengalaman saya akan mencoba menulis berbagai keindahan dan keunikan dari Tempa wisata itu, salah satunya adalah Wisata Alam Bukit Batu Banama Tangkiling yang sudah terlebih dahulu saya kunjungi.

Perjalanan Ke Lokasi Bukit Batu Tangkiling

Panas terik matahari menghiasi sepanjang perjalanan dari pusat kota palangkaraya ke tempat tujuan Bukit Batu Banama Tangkiling dengan jarak tempuh kurang lebih 35 km, sehingga perjalanan membutuhkan waktu hampir 1 jam untuk sampai di tempat tujuan.Hal itu tentu tidak membuat perjalanan saya dan teman saya berhenti begitu saja, sepanjang perjalanan kami dimanjakan dengan belantara hutan Kalimantan yang khas.

LOKASI BUKIT BATU TANGKILING
Foto sebelum pendakian ke Bukit Batu Tangkiling.

Setelah sekian lama perjalanan, tidak terasa kami sudah sampai ke tempat tujuan.Perjalanan itu cukup membuat badan lelah dan pinggang terasa sakit karena jarak tempuh yang lumayan jauh.Kami istirahat sejenak dengan sebotol air mineral untuk menghilangkan dahaga.Sambil istirahat kami bertemu dengan masyarakat sekitar dan mengobbrol menanyakan tentang Bukit Batu Palangkaraya tersebut.Dari informasi yang kami dapat, deskripsi bukit batu tagkiling palangkaraya adalah penghubung dari kabupaten Katingan dengan pusat kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Sambil berbincang, kami juga melihat banyak sekali orang-orang yang datang untuk mendaki Bukit Batu Banama Tangkiling.Hal itu membuat kami semakin bersemangat dan tertantang untuk mendaki, entah seindah apakah Bukit Batu Banama Tangkiling itu sehingga banyak sekali orang yang datang berkunjung.

Pendakian Ke Bukit Batu Tangkiling

Tidak terasa setelah sekian lama mengobrol, tubuh sudah kembali bugar dan siap untuk mendaki.Dengan Doa pribadi dalam hati, kami langsung memulai mendaki dengan pelan-pelan.Untuk perjalanan ke bukit bisa dibilang sudah bagus dan aman, karena sudah dibangun tangga-tangga untuk menuju bukit.

Pantas saja banyak orang yang berkunjung ketempat ini, keindahan alam yang masih alami serta tumbuhan-tumbuhan hijau yang membuat mata dimanjakan dan udara yang segar.Langkah demi langkah kami lalui dan tidak terasa berhenti di pertengahan jalan.

Di sepanjang jalan kami melihat sudah banyak orang yang berjualan minuman di atas bukit.Di salah satu tempat penjual minuman kami istirahat karena sudah lumayan lelah dan baju yang telah basah karena cucuran keringat .

Di tengah jalan saja pemandangannya sudah indah sekali, apalagi nanti di puncak.Bukit Batu Banama Tangkiling adalah satu dari sekian banyaknya Objek Wisata yang terdapat di palangkaraya dan Indonesia.

Ketinggian dari Bukit Batu Banama Tangkiling kurang lebih 1 km dari kaki bukit.Jalan yang terjal untuk didaki tentu membuat lelah, namun dengan keindahan yang dimiliki Bukit Batu Banama Tangkiling seakan-akan membayar lunas atas lelah yang dijalani saat mendaki.

Buki Batu Tangkiling
Foto di tengah perjalanan menuju puncak Bukit Batu Tangkiling.

Kami melanjutkan perjalalan menuju puncak, banyak sekali batu-batu yang besar disepanjang perjalanan kami menuju puncak, membuat decak kagum akan berbagai keindahan Bukit Batu Banama Tangkiling tersebut.

Setelah sekitar 1 jam perjalanan, kami sampai di puncak bukit.Indah sekali, begitu sejuk, begitu tenang, dirasakan saat di puncak Bukit Batu Banama Tangkiling.Dengan tumbuhan-tumbuhan yang menghiasi dan juga alamnya yang masih alami.

Bukit Batu Tangkiling
Foto saat berada di puncak bukit Batu Tangkiling

Tidak terasa, hari semakin sore, kami hendak bergegas untuk kembali ke bawah, agar saat pulang tidak terlalu larut malam.Saat perjalanan ke bawah, kami tidak terlalu merasa lelah karena cuaca sudah mulai dingin dan sudah sore.

Sambil menikmati jalan menuju ke bawah, tidak terasa kami sudah sampai ke bawah bukit.Kami langsung bergegas pulang menuju Palangkaraya, ditengah perjalanan pulang kami harus hati-hati karena sudah lelah saat mendaki bukit.

Tidak sia-sia kami berkunjung ke Wisata Bukit Batu Banama Tangkiling, dengan segala keindahannya wisata ini patut dijadikan salah satu tempat wisata Palangkaraya dan diperhitungkan serta dijadikan tujuan wisatawan-wisatawan lokal maupun  mancanegara.Namun juga harus tetap menjaga kelestarian alamnya agar keindahannya tetap terjaga dan senantiasa dapat dinikmati.

Sejarah Bukit Tangkiling

Konon kata masyarakat setempat, Bukit Batu Banama Tangkiling adalah tempat biara bertapa Karmel dan pura Hindu Kaharingan.Tepat 13 tahun yang lalu, dibangun juga pura yang bernama Sali Paseban.Saya masih banyak kurang tahu tentang sejarah-sejarah Bukit Tangkiling tersebut, mungkin saya harus belajar lebih banyak lagi dan sering betanya pada orang asli daerah Tangkiling.

Info Wisata Alam Bukit Batu Tangkiling

• Untuk biaya masuk dikenakan biaya 5.000 rupiah dan uang parkir 2.000 rupiah
  • Pendakian dihentikan pada pukul 17.00 Sore
  • Sejauh perjalanan kami, belum ada penginapan di sekitar Wisata yang kami lihat, sehingga sebelum berkunjung sudah bisa dipikirkan tempat penginapan sementara
  • Tempat wisata di sekitar Bukit Tangkilig : Bukit Baranahu, Sei Gohong.
Note :

Perjalanan diatas merupakan perjalanan kami ke Bukit batu Tangkiling, yakni pada tahun 2019.Mungkin ada perubahan yang signifikan kedepannya.

Semoga Bermanfaat!
Si Appudan Pengelola blog ini adalah Si Appudan, yang mempunyai nama asli Riki Simaibang. mulai kuliah di Universitas Palangka Raya pada tahun 2018 dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,jurusan Ekonomi Pembangunan. Blog ini menyajikan tulisan yang pasti menarik perhatian anda,dan semoga blog ini memberikan kepada pembaca manfaat dan wawasan baru.

Belum ada Komentar untuk "BERKUNJUNG KE WISATA ALAM BUKIT BATU BANAMA TANGKILING"