PEMANDANGAN INDAH DARI DERMAGA PLAMBOYAN

DERMAGA PLAMBOYAN

Apa yang terlintas pertama kali di pikiran anda tentang dermaga?Tentu adalah sebuah pelabuhan yang penuh dengan kapal-kapal ataupun perahu-perahu.Iya, di provinsi Kalimantan Tengah tepatnya di Palangkaraya, sebuah dermaga di sihir menjadi tempat wisata oleh pemerintah setempat kota Palangkaraya.Oleh karena itu, saya penasaran sekali untuk berkunjung ke dermaga tersebut dan ingin melihat seberapa indah dermaga tersebut sehingga bisa dikatakan tempat wisata.

Perjalanan Menuju Dermaga Plamboyan

Awal perjalanan dimulai dari awal masuk, saya sudah melihat suatu keindahan Dermaga Plamboyan sejak pertama masuk.Kenapa tidak?Di pinggir jalan masuk dermaga sudah banyak sekali bunga yang menghiasi jalan, membuat kesan pertama yang yang menarik.

Perjalanan di lanjut ke dalam wilayah dermaga, ternyata di Dermaga Plamboyan terdapat banyak rumah-rumah mini untuk tempat bersantai wisatawan yang berkunjung ke dermaga tersebut.Jalan menuju dermaga juga sangat mulus dengan menggunakan jalan paving hingga menuju lokasi dermaga, lokasi Dermaga Plamboyan juga cukup luas sehingga kita bisa leluasa untuk masuk melalui transportasi mobil maupun motor.

Saya sejenak menikmati pemandangan dari dermaga, ternyata dari Dermaga Plamboyan terlihat jelas sekali Jembatan Kahayan yang terkenal akan keindahan dan keunikannya.Kita bisa menikmati keindahan Jembatan Kahayan melalui Dermaga Plamboyan, justru Jembatan Kahayan menjadi pemandangan utama dan objek utama dari Dermaga Plamboyan karena wilayahnya yang saling berdekatan, apalagi Jembatan Kahayan sangat indah dilihat dari jarak yang cukup jauh.

Saat sore hari, banyak sekali orang-orang yang berjalan dan ber olahraga sepeda sambil menikmati pemandangan-pemandangan unik dari Dermaga Plamboyan sambil menghabiskan waktu luang mereka.Saya juga melihat banyak sekali perahu-perahu yang melintas di sungai kahayan, saya sangat menikmati pemandangan-pemandangan tersebut dari dermaga Plamboyan, cocok sekali dijadikan tempat ketenangan pribadi untuk menenangkan pikiran.Secara pribadi, saya sangat suka sekali di tempat ini karena pemandangan-pemandangan dari dermaga ini sangat luar biasa dan tempatnya sangat tenang sekali.Disini kita juga kita juga bisa melihat matahari terbenam dari bagian barat,itu tentu saja bagian dari keindahan tempat Dermaga Plamboyan ini.Di sekitar sungai juga terdapat orang-orang yang memancing, di jembatan Kahayan dengan keramaian pengendara motor maupun mobil.

Itu adalah berbagai keindahan-keindahan yang terdapat di Dermaga Plamboyan yang bisa saya rasakan saat berkunjung.Mungkin, masih ada banyak sekali berbagai keunikan-keunikan yang terdapat di Dermaga Plamboyan.

Dermaga Plamboyan Jadi Tempat Wisata


Dermaga Plamboyan Jadi Tempat Wisata

Dermaga Plamboyan adalah kawasan yang di padati oleh penduduk masyarakat setempat, dulu katanya Dermaga Plamboyan yang berlokasi di Palangkaraya, Kecamatan Pahandut ini adalah tempat yang kumuh sebagaimana dermaga biasanya.Namun sekarang sudah di ubah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik dan banyak dikunjungi oleh banyak orang dari luar kota maupun dari penduduk asli masyarakat Palangkaraya.

Dermaga Plamboyan berada di sungai Kahayan, di Dermaga Plamboyan terdapat juga Cafe yang juga bisa dijadikan tempat bersantai sambil memandang Jembatan Kahayan, bisa dikatakan Jembatan Kahayan adalah objek utama dari tempat wisat Dermaga Plamboyan.Sehingga segala keunikan dari Dermaga Plamboyan cocok untuk dijadikan tempat bersantai sambil menikmati pemandangan-pemandangan sekitar dermaga.

Tentu dengan berbagai keimdahannya itu semua membuat dermaga Plamboyan dijadikan sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Pengoptimalan Pembangunan Kawasan Wisata Dermaga Plamboyan Bawah
Pengoptimalan Pembangunan Kawasan Wisata Dermaga Plamboyan Bawah

Pengoptimalan juga dilakukan di bawah dermaga plamboyan agar mencapai kesempurnaan yang memungkinkan banyak pengunjung datang.Seperti yang sudah di jelaskan di awal tadi, semua ini tentu tidak lain dari sentuhan pemerintah setempat dan juga kesadaran masyarakat sekitar yang menyihir kawasan wisata plamboyan menjadi salah kawasan wisata yang patut untuk diperhitungkan.Semua hanya tergantung bagaimana kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar agar tempat wisata tetap menjadi salah satu sumber komersial, contohnya adalah tidak membuang sampah sembarangan.


Ekspos Hasil Kajian Kawasan Wisata Dermaga Plamboyan Bawah


Ekspos Hasil Kajian Kawasan Wisata Dermaga Plamboyan Bawah

Hasil kajian menurut saya saat berkunjung ke wisata Plamboyan adalah dermaga plamboyan sangat berpotensi sebagai objek wisata dan sebagai sarana komersial bagi masyarakat setempat.Terlebih lokasinya juga sangat strategis, karena berada berdekatan langsung dengan salah satu objek wisata yang terkenal di Kalimantan bahkan Indonesia yaitu Objek wisata Jembatan Kahayan

Dengan penataan yang unik serta campur tangan dari pemerintah setempat, mungkin dermaga plamboyan akan menjadi salah satu ikon dari kota Palangkaraya sendiri.

Note :

Masih banyak  sekali keindahan yang belum saya ketahui tentang Wisata dermaga Plamboyan, mungkin masih banyak sekali disana tersimpan berbagai hal-hal unik dan menarik disana.

Semoga bermanfaat!


Si Appudan Pengelola blog ini adalah Si Appudan, yang mempunyai nama asli Riki Simaibang. mulai kuliah di Universitas Palangka Raya pada tahun 2018 dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,jurusan Ekonomi Pembangunan. Blog ini menyajikan tulisan yang pasti menarik perhatian anda,dan semoga blog ini memberikan kepada pembaca manfaat dan wawasan baru.

Belum ada Komentar untuk "PEMANDANGAN INDAH DARI DERMAGA PLAMBOYAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel