PAGI YANG INDAH SAMBIL MELIHAT SUNRISE DI BUKIT BARANAHU

Tidak jauh dari bukit Batu Banama Tangkiling, Palangkaraya masih menyimpan  wisata alam yang indah yaitu Bukit Baranahu.Bukit Batu Banama adalah bukit tertinggi yang ada di Palangkaraya,sementara Bukit Baranahu adalah bukit tertinggi kedua.Bukit Baranahu dan Bukit Batu Banama Tangkiling saling berdekatan dan terlihat satu sama lain ketika berada di puncak bukit, namun jalan untuk masuk dari setiap bukit tentunya berbeda.Dari informasi yang saya dapat, di Bukit Baranahu terdapat menara yang cukup tinggi untuk melihat sunrise maupun sunset, info itu membuat saya tertarik untuk mengujungi Bukit Baranahu.

Namun kali ini saya tidak sendiri untuk mengunjungi wisata alam tersebut, karena saya akan ditemani oleh kawan-kawan satu komunitas yang bertujuan agar saling mengenal satu sama lain dengan kawan-kawan satu komunitas.Kami terlebih dahulu menghabiskan waktu di tempat yang disediakan oleh penjaga tempat tersebut, tempat tersebut seperti sebuah rumah-rumah untuk berkumpul.Kami harus menginap terlebih dahulu, saat malam kami menghabiskan waktu dengan berbagi pengalaman dan tertawa bersama, makan bersama, serta merasakan persaudaraan yang mengalir diantara kami, bahkan tidak terasa malam sudah larut karena keseruan-keseruan.Mengingat besok pagi akan mendaki Bukit Baranahu, kami pun langsung tidur agar perjalanan besok tubuh tetap bugar.

Hari telah subuh, setelah beberapa jam tidur kami langsung bangun dan segera bersiap untuk melakukan pendakian ke Bukit Baranahu bersama.Kami berdoa terlebih dahulu agar selama perjalanan dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.Awal perjalana saja sudah melihat banyak jenis hewan seperti ular, beruang, monyet, buaya, dan berbagai hewan lainnya.Iya, di bawah Bukit Baranahu terdapat kebun binatang yang tentunya aman jika kami melewati tempat tersebut karena sudah ada penjaga kebun binatang tersebut.

Setelah melihat berbagai hewan tersebut, kami melanjutkan pendakian, jika dalam perjalanan ada teman yang lelah atau berhenti atau tidak melanjutkan pendakian, perjalanana akan dihentikan sementara sampai teman kami tersebut kembali mampu melanjutkan perjalanan.Wajar bila dalam pendakian ada yang lelah karena ketinggian Bukit Baranahu mencapai 170 meter lebih, ditambah lagi dengan jalan tangga yang lumayan tinggi.

Setelah beberapa menit kawan kami yang sedang lelah tersebut sudah bisa melanjutkan pendakian lagi bersama-sama, disepanjang perjalanan dalam mendaki ditemukan banyak sekali pendaki yang juga tujuannya untuk berwisata di Bukit Baranahu tersebut, kami juga melihat banyak sekali yang menjual minuman dan berbagai makanan ringan di bukit tersebut.

Kami beristirahat sejenak untuk mengambil tenaga agar bisa melanjutkan pendakian, mengobrol santai sambil istirahat dan bercerita perasaan masing-masing saat mendaki Bukit Baranahu, dari tatapan saya juga melihat mereka senang sekali untuk mendaki Bukit tersebut.

Tidak lama kemudian perjalanan dilanjutkan, saat di puncak banyak sekali yang berkemah di bukit tersebut.Saya juga langsung merasakan sensasi luar biasa dari Bukit Baranahu tersebut dan  menatap dari atas bukit berbagai keindahan yang ada di Tangkiling dan alamnya yang masih alami.

Sebelum kembali memulai petualangan, kami terlebih dahulu beribadah.Setelah ibadah kami langsung hendak mencari tempat yang cocok untuk berfoto, Kami melihat sebuah menara untuk menatap sunrise yang indah dari atas menara tersebut, sehingga kami langsung naik ke atas menara tersebut.

Langkah demi langkah  dijalani dengan hati-hati karena ketinggian menara tersebut mencapai 40 meter.Hingga akhirnya sampai di atas menasa, saya sangat kagum melihat keindahan alam tersebut, kami juga tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk berfoto-foto dengan latar belakang sunrise serta mengabadikan momen indah di Bukit Baranahu tersebut.

Setelah sekian lama berfoto-foto dan menikmati pemandangan sunrise tersebut dari menara, kami bergegas untuk turun agar pendaki lainnya juga merasakan keindahan sunrise dari atas menara tersebut.Di bawah menara kami juga menghabiskan waktu untuk berfoto-foto dan tertawa bersama sambil menghabiskan waktu di Bukit Baranahu tersebut.

Sunrise kian berakhir, kami segera turun dari bukit tersebut sambil menyusun segala barang yang kami bawa dari bawah bukit.Kami juga berdoa terlebih dahulu sebelum turun ke bawah agar tetap dilindungi oleh Tuhan.

Selama dalam perjalanan turun, kami tidak terlalu menghadapi banyak kesulitan karena jalan sudah menurun.Berbeda saat mendaki, kami membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus mendaki.

Tidak terasa juga kami sudah sampai juga ke bawah, kami juga sempat untuk mengambil gambar dari kebun binatang yang kami lewati tersebut.Itu adalah berbagai perjalanan saat menjelajahi Bukit Baranahu, tentu masih banyak sekali berbagai keindahan-keindahan lainnya.Semoga segala keindahan yang ada di negara tercinta Indonesia ini tetap terjaga kelestariannya dan menjadi objek penting untuk semua kalangan.

Si Appudan Pengelola blog ini adalah Si Appudan, yang mempunyai nama asli Riki Simaibang. mulai kuliah di Universitas Palangka Raya pada tahun 2018 dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,jurusan Ekonomi Pembangunan. Blog ini menyajikan tulisan yang pasti menarik perhatian anda,dan semoga blog ini memberikan kepada pembaca manfaat dan wawasan baru.

Belum ada Komentar untuk "PAGI YANG INDAH SAMBIL MELIHAT SUNRISE DI BUKIT BARANAHU"